Tips Bagaimana Cara Mengatasi Susah Tidur Malam Insomnia


Apakah anda sering mengalami susah tidur di malam hari? Susah tidur biasa disebut dengan insomnia ini sering dialami oleh banyak orang dengan berbagai penyebab susah tidur. Akibat karena susah tidur biasanya dapat membuat seseorang menjadi kurang tidur dan nampak kurang sehat. Lalu bagaimana cara agar mengatasi susah tidur malam?

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Susah Tidur Malam InsomniaAda baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab susah tidur malam itu dapat terjadi. Seseorang yang dapat tidur dengan waktu tidur yang cukup cenderung lebih sehat. Sebaliknya, bila seseorang yang kurang jumlah jam tidurnya biasanya cenderung kurang sehat. Wajah dan matanya biasanya akan terlihat tidak segar. untuk itu, usahakan agar tidur anda cukup dan hindari susah tidur di malam hari.


Penyebab susah tidur itu dikarenakan:
  • Meningkatnya tingkat kecemasan, stress atau ketegangan pada dirinya.
  • Susah tidur malam juga bisa dikarenakan lingkungan yang tidak mendukung untuk tidur malam, terlalu bising atau bahkan suasana menyeramkan karena terlalu sepi, sehingga kadang-kadang pikiran sering melayang-layang ke hal-hal yang justru ditakuti.
  • Penyebab susah tidur bisa karena punya penyakit seperti penyakit asma dan sering buang air kecil,
  • Susah tidur juga bisa disebabkan karena perubahan pola hidup seseorang.
  • Penyebab susah tidur juga bisa karena anda punya kebiasaan yang tidak baik seperti minum kopi menjelang tidur, menonton film horor atau yang menegangkan sebelum tidur.
  • Pola makan yang tidak teratur sehingga anda sering mengalami lapar di malam hari.

Itulah beberapa diantaranya penyebab karena susah tidur malam yang sering terjadi pada kebanyakan orang, untuk kebanyakan orang cara Mengobati dan mengatasi susah tidur terkadang dirasakan sangat sulit.

Cara mengatasi susah tidur malam:
  • Langkah pertama, cari penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu Barulah mencoba untuk mencari solusinya dan mengatasinya.
  • Jika ternyata anda merasa stress dan cemas, coba untuk terlebih dahulu selesaikan masalah stress anda dengan bermacam cara seperti curhat kepada sahabat anda, liburan, atau melakukan kegiatan yang sifatnya penghilang stress lainnya seperti jalan-jalan atau ke tempat rekreasi. Atau anda bisa juga melakukan hobby anda untuk menghilangkan stress anda seperti bernyanyi, olah raga dan hobby anda lainnya yang sifatnya menyenangkan dan menyehatkan.
  • Jika ternyata anda punya suatu penyakit, maka konsultasikan dan lakukan pengobatan rutin terhadap penyakit yang anda derita ke dokter.
  • Jika ternyata anda berada di lingkungan yang bising, usahakan anda temukan cara untuk menyamankan suasana menjelang tidur anda seperti dengan mendengarkan lagu-lagu pengantar tidur.
  • Hilangkan kebiasaan kurang baik seperti minum kopi ketika akan tidur, atau sering menggunakan tempat tidur untuk kegiatan selain istirahat bukan untuk bekerja.
Cara menghindari susah tidur:
  • Jangan dibiasakan untuk mengkonsumsi makanan berat setidaknya 2 jam sebelum tidur.
  • Lakukan relaksasi seperti melakukan meditasi. Hal ini ternyata dapat membantu anda untuk menurunkan pikiran stress dan rasa cemas.
  • Saat Menjelang Tidur Selalu Hindari asupan seperti kafein, alkohol dan juga nikotin. Kecuali niat anda memang tidak ingin tidur awal untuk menghindari rasa ngantuk.
  • Minum segelas susu hangat atau bisa ditambahkan madu.
  • Pertahankan suasana tenang dan nyaman di kamar tidur anda hingga bisa membuat kamar lebih hangat dan rileks untuk istirahat dan tidur.
  • Jangan menunda untuk tidur Ketika anda sudah mengantuk, maka segeralah bergegas tidur dan istirahat.
  • Badan yang terasa bersih dan segar akan lebih nyaman ketika tidur. Maka bersihkan tubuh anda atau mandilah dengan air hangat sebelum tidur supaya bisa membantu anda terhindar dari susah tidur.
  • Ciptakan suasana tenang dan rileks sebelum tidur dengan mendengar lagu-lagu pelan pengantar tidur.
  • Jika anda senang membaca buku, hal ini juga dapat membantu anda untuk pengantar tidur. Maka bacalah buku-buku sebelum tidur, biasanya lama-lama rasa ngantuk akan datang dengan sendirinya.
  • Sembunyikan jam dari pandangan anda. karena akan membuat anda sering menghitung waktu disaat anda tidak bisa tidur.
  • Jangan pernah dibiasakan untuk mengonsumsi obat tidur, hal ini dapat membuat anda menjadi ketergantungan. 
  • Hindari mendengar, atau melihat cerita-cerita atau film yang menegangkan dan menyeramkan menjelang tidur. Hal bisa membuat imajinasi anda terbawa ke hal-hal yang baru saja anda lihat.
Biasakan anda memiliki waktu tidur yang teratur setiap harinya Dan perbanyak minum air putih.
Tag : Kesehatan, Tidur
1 Komentar untuk "Tips Bagaimana Cara Mengatasi Susah Tidur Malam Insomnia"

Back To Top