Tips Cara Mengatasi Susah Makan Pada Anak Usia 1 tahun

Anak susah makan merupakan permasalahan yang menjadi curhatan untuk orang tua, terutama para bunda Berbagai cara telah di lakukan tetapi tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi anak yang sulit makan. Bahkan tidak jarang para bunda terkadang menjadi stress dalam menghadapi buah hatinya. Setiap bunda selalu diliputi ketakutan dan kekhawatiran soal kecukupan gizi buah hatinya. Belum lagi bila anak susah makan dan maunya pilih-pilih makanan.

Ketika si kecil berusia 6 bulan, saatnya untuk memulai memberikan makanan-makanan padat pendamping ASI. Saat itulah para bunda mesti bisa lebih cermat untuk memperhatikan pola makannya. Mulai dari memberikan makanan bubur susu, sari buah, dan bertahap ke tekstur makanan-makanan yang lebih padat seperti nasi tim, dsb. Sayangnya semua proses ini tak selalu berjalan mulus, terkadang ada beberapa yang yg mambuat si kecil susah untuk makan. Biasanya semua ini terjadi ketika usianya mulai memasuki tahun pertama. si kecil mulai menolak makanan dan hanya menginginkan makanan yang itu-itu saja (picky eater), Kondisi seperti ini sudah barang tentu membuat ibu khawatir akan kecukupan gizi si kecil, mengingat bayi mereka masih dalam masa-masa tumbuh kembang.


FaKtor penyebab seorang anak susah makan dikarenakan faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik yang meliputi terdapatnya beberapa gangguan di dalam organ pencernaan maupun terdapatnya infeksi di dalam tubuh si kecil. Sedangkan untuk faktor psikis adalah meliputi gangguan psikologis pada si anak, seperti kondisi dalam rumah tangga yang bisa disebut bermasalah, lingkungan suasana makan yang memang kurang menyenangkan, maupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak disukai.

Bagaimana cara mengatasinya?

Mungkin ada beberapa hall yang terlewatkan oleh Anda saat memberi makan si kecil.
Tips-Tips berikut mungkin bisa membantu para bunda;
  1. Selalu sajikan makanan dalam porsi yang kecil.
    Perlu di Ingat lambung si kecil belum bisa mampu menampung makanan terlalu banyak, jadi berikan ia makanan sedikit demi sedikit.
  2. Variasi makanan.
    Cobalah buat beberapa pilihan menu makanan dan biarkan buah hati Anda memilih makanan yang di sukainya. Biasanya si anak lebih menyukai dengan jenis makanan pilihannya.
  3. Sajikan Makanan Dengan Menarik
    Selalu sajikan banyak pilihan makanan dengan bentuk tampilan yang menarik. Misalnya, bisa mencetak nasi dalam cetakan hello kitty dll Contoh: Makanan Unik
  4. Jadikan Saat Makan Lebih Menyenangkan
    Hindari hal-hal mengancam, menghukum, atau menakuti anak agar ia makan lebih banyak. kondisi seperti Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bisa jadi dapat menimbulkan trauma psikologis bagi anak.
  5. Makan teratur
    Biasakan untuk menjadwalkan waktu makan dengan lebih teratur, agar si kecil dapat terbiasa dengan waktu makannya. persis seperti dengan waktu tidur, mandi dsb.
  6. Beri cemilan yang sehat
    Setelah bisa berjalan sendiri, si kecil sudah pasti gemar bereksplorasi dengan lingkungan sekitarnya. Apalagi ketika sudah memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya akan semakin aktif. tentu Ini akan membuatnya untuk sulit duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk mengatasi dan menyiasatinya, coba untuk memberikan dia cemilan yang sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja dalam bentuk bola-bola kentang isi wortel dan daging yang di cincang, donat tabor keju, dan sebagainya.
  7. Hindarkan gaya memaksa dan mengancam dalam membujuk anak ketika makan. 
  8. Libatkanlah anak anda untuk ikut menyiapkan makanan.
    Contohnya bisa dengan meminta bantuan dan tolong untuk mengambilkan buah atau sayur-sayuran. Selain itu, anak juga memerlukan contoh dari peran orang tuanya. Bila para orang tua mengkonsumsi makanan sehat, maka anak juga akan ikut mencontoh pola makan anda sebagai orang tua.
  9. Hindari untuk memberi iming-iming makanan penutup.
    Hal ini tentu dapat menyiratkan bahwa makanan penutup adalah makanan yang paling enak dan baik untuk si kecil. Selain dapat juga meningkatkan keinginan mengkonsumsi makanan manis untuk anak. para orang tua juga bisa memberikan makanan-makanan penutup selama 2 hari dalam seminggu, sedangkan pada akhir pekan berikutnya tidak bunda berikan. 
  10. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan.
    Minuman yang rendah lemak ataupun jus buah segar memang penting untuk anak, namun bila kebanyakan minum sang anak saat makan, tentu tidak akan ada ruang yang cukup untuk makanan maupun kudapan sehat yang bisa masuk ke perut anak.
Tag : anak, bayi
0 Komentar untuk "Tips Cara Mengatasi Susah Makan Pada Anak Usia 1 tahun"

Back To Top